4 Cara Mensterilkan Botol Susu Bayi agar Terhindar dari Bakteri

Posted on

Kebersihan segala perlengkapan bayi merupakan bagian penting untuk bisa menjaga kesehatannya. Menjauhkan bayi Anda dari berbagai bakteri dan virus berbahaya. Botol susu merupakan salah satu perlengkapan bayi yang amat penting untuk disterilkan. Berikut empat cara yang bisa Anda lakukan.

  1. Gunakan Mesin Steril

Cara mensterilkan yang paling mudah dengan menggunakan mesin steril. Hanya memerlukan waktu 8 hingga 12 menit untuk melakukannya. Setelah disteril dengan menggunakan mesin Anda bisa menyimpan botol di wadah yang sehingga hasil sterilisasi dapat bertahan hingga sekitar 6 jam. Cara penyimpannya dengan posisi botol tengkurap.

Anda bisa mendapatkan mesin steril ini dengan membelinya mesin sterilizer di toko perlengkapan bayi yang menjual berbagai kebutuhan bayi Anda seperti Orami. Anda akan mendapatkan harga promo lebaran sale hingga 50% untuk pembelian stelrilizer. Anda tinggal memilih yang sesuai dengan selera dan kebutuhan.

  1. Sterilisasi dengan Microwave

Microwave memerlukan waktu lebih singkat untuk mensterilkan botol susu bayi Anda hanya dengan waktu 90 detik. Ketika melakukan sterilisasi posisikan tutup botol sudah terbuka sehingga tidak mengakibatkan terjadinya penumpukan tekanan di dalam botol. Hasil sterilisasi akan bertahan selama 3 jam dengan meletakkan botol di dalam wadah yang tertutup.

  1. Merebus Botol

Cara termudah dan ekonomis dengan merebus botol untuk melakukan sterilisasi. Anda tinggal memanaskan air di dalam panci sampai mendidih. Semua bagian botol susu yang telah dilepaskan dimasukkan ke dalam panci dan diamkan selama 5 sampai 10 menit.

Setelah itu Anda angkat dan keringkan seluruh bagian botol di atas handuk yang kering dan juga bersih. Namun, hindari pemakaian panci yang sama untuk memasak, sediakan panci khusus untuk melakukan sterilisasi ini. Pastikan juga botol tidak mengandung bahan kimia yang dapat terurai saat dipanaskan.

  1. Menggunakan Sabun

Sterilisasi yang akan Anda lakukan dengan rutin adalah dengan menggunakan sabun setiap botol selesai digunakan. Sebelum mencuci botol, cuci dan bersihkan terlebih dahulu tangan Anda degan sabun. Kemudian lepaskan semua bagian botol dan mulai membersihkan botol dari bagian paling dasar menggunakan sikat yang berbulu halus dengan gerakan yang memutar.

Setelahnya dilanjutkan ke bagian sisi- sisi botol dengan gerakkan naik- turun lalu membersihkan bagian bibir botol. Pastikan sabun yang Anda gunakan aman sehingga tidak menyebabkan alergi pada bayi Anda. Terakhir bersihkan bagian dot sampai tidak ada bekas susu yang tertinggal sehingga tidak mendatangkan bakteri yang membahayakan bayi Anda.

Melakukan sterilisasi botol susu bayi tetap dilakukan hingga bayi berusia minimal setahun.  Perhatikan kondisi botol susu dengan rutin. Jika warna botol mengalami perubahan segera ganti botol karena sudah tidak aman untuk digunakan. Bagian dot juga perlu diganti jika sudah sobek atau berubah warna. Pastikan Anda menggunakan bahan yang aman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *