Kelebihan dan Kekurangan Wiremesh

Posted on

wiremashSalah satu inovasi dalam dunia bahan bangunan adalah wiremesh. Wiremesh merupakan sebuah rangkaian kawat besi yang dianyam dan memiliki rongga-rongga di bagian tengahnya. Wiremesh yang menggunakan kawat berukuran lebih kecil biasanya digunakan untuk saringan pasir.

Pembuatan wiremesh dapat dilakukan secara manual atapun terpabrikasi. Namun apabila dibuat secara manual tidak ada garansi bahwa ukuran setiap anyaman sama. Maka lebih baik membeli yang pabrikasi. Tidak ada standar diameter wiremesh karena tiap perusahaan memiliki ukuran standar masing-masing. Nah, jika ingin membeli wiremesh, Anda dapat mencarinya di toko jual besi beton atau toko bangunan terdekat.

Kelebihan dari wiremesh ini ialah produknya sudah terpabrikasi sehingga proses pemasangannya relatif lebi cepat. Dengan menggunakan wiremesh, Anda akan mengurangi penggunaan kawat bendrat. Cara penggunaan wiremesh ini pun cukup mudah. Anya hanya tinggal meletakkannya pada bagian yang akan digunakan.

Wiremesh sangat baik sebagai plat lantai atau jika konstruksi bangunan menggunakan b-panel dapat memakai anyaman besi ini sebagai perkuatannya. Apabila kita menggunakan besi beton konvensional biasanya pembuatan plat lantai akan memerlukan waktu yang cukup lama bisa beberapa hari tergantung kecepatan pekerja dan penggunaan kawat bendrat sebagai penyatu cukup banyak sehingga kurang efisien.

Pengiriman wiremesh sendiri juga lebih mudah daripada tulangan besi beton. Wiremesh mempunyai ukuran 2,5 m x 5,5 m. Agar lebih mudah dibawa, kita bisa menggulungnya tetapi tulangan besi beton berupa lonjoran. Ditinjau dari kekuatannya, kedua bahan ini sama, tergantung dari besi yang digunakan. Harga yang ditawarkan juga lebih murah daripada harga jual besi beton karena hitungan wiremesh menggunakan lembaran.

Kekurangan dari wiremesh adalah tidak dapat digunakan sebagai perkuatan kolom, balok, sloof. Karena bentuk wire mesh yang berupa lembaran maka yang dapat menggunakan wiremesh adalah pekerjaan tulangan besi beton dengan penampang yang lebar, sedangkan kolom, balok dan sloof hanya bisa di kerjakan menggunakan tulangan besi beton konvensional. Oleh karena itu penjualan besi beton konvensional masih dibutuhkan dalam dunia konstruksi.

Masyarakat tidak perlu bingung dalam memilih besi beton antara besi beton konvensional atau wire mesh. Kedua jenis besi ini memiliki fungsinya masing-masing dan sama-sama dibutuhkan. Produsen yang tetap memproduksi besi beton konvensional akan terus ada karena banyak toko yang masih jual besi beton dan wiremesh adalah pengembangan dari besi beton dengan sebagai alternatif. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *