Tips Menata Dapur Kecil yang Efektif

Posted on

Cara menata dapur kecil bagi sebagian orang tentunya merupakan salah satu hal yang sulit. Pasalnya kita akan kebingungan mengenai cara meletakkan bagian-bagian perabotan dapur yang bisa jadi akan memakan space berlebihan. Namun, tentunya hal tersebut bukan berarti tidak ada solusinya. Banyak cara yang bisa anda lakukan agar ruang dapur kecil anda bisa lebih efektif dalam penataannya.

cara-menata-dapurNamun, sebelum anda melakukan penataan terhadap dapur anda, tentunya hal yang perlu anda pahami dan yakini adalah bahwa ukuran bukanlah sebuah hal yang menentukan nyaman atau tidaknya sebuah dapur. Selain itu, anda juga harus memiliki keyakinan bahwa dapur anda akan tetap berfungsi dengan baik meski berukuran kecil.

Jika pemikiran di atas sudah anda fahami, maka selanjutnya kita akan mulai berfikir untuk mengetahui dan melaksanakan cara menata dapur kecil agar lebih efektif. Berikut adalah beberapa tips agar anda bisa menata dapur berukuran kecil anda di rumah:

  1. Menemukan tempat yang tepat untuk bisa meletakkan berbagai barang yang identik hubungannya dengan dapur. Tepat disini adalah ketika anda memerlukannya untuk memasak, maka anda dapat dengan mudah mengambilnya. Dan perlu anda cermati dalam menata peralatan dapur anda, kunci suksesnya tentu saja adalah rapi. Karena kerapian merupakan salah satu hal yang menjadi patokan, efesiensi dari penataan dapur kecil.
  2. Agar berfikir keluar dari pakem yang telah anda pelajari sebelumnya mengenai penataan dapur. Misalnya jika selama ini anda berfikir bahwa lemari dapur harus ditutup rapat, berfikirlah untuk melepas pintu tersebut dan membiarkan segala peralatan perlengkapan dapur yang ada di lemari tersebut bisa dilihat langsung dan atau bisa juga dengan menggunakan lemari berpintu kaca.
  3. Menciptakan kohesi, jangan membuat piring anda menumpuk dalam sebuah wadah karena akan membuat kesan dapur akan sesak. Selanjutnya, ciptakanlah suasana nyaman dengan memberi sentuhan berwarna putih untuk dinding dan belilah juga piring yang memiliki warna yang sama. Sehingga bagaimanapun tumpukan piring anda akan menyatu dengan warna dinding dan menjadi terkesan lebih luas.
  4. Berfikirlah sesuai dengan ukuran dapur anda dalam membeli peralatan dapur. Misalnya dalam membeli penanak nasi, jika memang anda tidak membutuhkan yang besar maka belilah yang kecil saja.
  5. Berilah pencahayaan yang baik dan terang. Karena jika gelap akan membuat dapur anda jadi terkesan lebih lembab dan tidak nyaman saat kita berada di dalamnya.
  6. Gunakan tempat yang memiliki kegunaan yang banyak, sebut saja dengan meletakkan meja di dapur, karena banyak kegunaannya di dapur, selain untuk meletakkan barang, juga bisa untuk menjadi lahan anda menyiapkan segala keperluan memasak anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *